Pohon Beringin Tumbang di Banjarnegara. Satu Korban Tewas Terjepit

BNPB menyebutkan bahwa seorang tewas dan tiga luka berat akibat pohon tumbang di wilayah Alun-alun Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017).
Saeno | 08 November 2017 15:49 WIB
Pohon beringin tumbang di alun-alun Banjarnegara - Twitter/@VitronaAdhe

Kabar24.com, JAKARTA - Musibah pohon tumbang terjadi di Banjarnegara, Jawa Tengah, dan menyebabkan satu korban meninggal dunia.

Informasi tersebut beredar di media sosial dan dikonfirmasi dengan penjelasan pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

BNPB menyebutkan bahwa seorang tewas dan tiga luka berat akibat pohon tumbang di wilayah Alun-alun Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017).

"Hujan lebat disertai angin kencang telah menyebabkan pohon-pohon tumbang di wilayah Banjarnegara," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan.

Polisi mengawasi pemotongan pohon yang tumbang di Banjarnegara, Jateng./@res-bna

Dia mengatakan pohon beringin besar di alun-alun Kota Banjarnegara tumbang pada Rabu pukul 13.00 WIB.

Kejadian tersebut, kata dia, dikarenakan hujan deras disertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Kondisi itu membuat pohon beringin tua di tengah alun-alun tumbang.

"Tumbangnya menimpa orang-orang yang sedang berteduh di bawahnya dan menewaskan serta melukai sejumlah korban," kata dia.

Sutopo mengatakan sejumlah tindakan telah dilakukan oleh otoritas setempat seperti oleh TRC BPBD bersama unsur lain berupaya mengevakuasi korban selamat terlebih dahulu.

"Dari evakuasi itu berhasil diselamatkan tiga korban tertimpa pohon. Luka parah kaki patah," kata dia.

Sementara itu, kata dia, personel terlibat BPBD, TNI, Polri, PMI, MMDC Lazismu, SAR PGRI, Sarkab Pramuka, DPU Baru Bangkit dan Satpol PP turut turun ke lokasi insiden.

"Dua alat berat backhoe dan satu traktor dikerahkan. Bupati Banjarnegara memimpin langsung evakuasi korban," kata dia.

Sebelumnya, di media sosial Twitter kabar soal pohon tumbang itu sudah menyebar.

Polres Banjarnegara melalui akun @res_bna misalnya mencuit peringatan agar warga berhati-hati.

"Hujan deras disertai angin di wilayah Banjarnegara kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati, waspadai pohon tumbang dan jalan licin," ujar akun @res_bna

Sedangkan warga dengan aku‏ @VitronaAdhe menyebutkan "hujan lebat disertai angin yang kencang, membuat pohon beringin yg ada dialun Banjarnegara, ada korban yg tertimpa pohon tersebut. #prayforbanjarnegara #berduka."

Hal senada disampaikan akun‏ @gielank18, "Tjd musibah dialun" banjarnegara Tiba" hujan disertai angin kencang dtg dan merobohkan be"rapa pohon beringin. Yg paling parah yaitu pohon beringin dibagian tengah yg roboh tdpt 4 korban yg smp skrng msh blum bs dselamatkan krn terjepit pohon beringin @ganjarpranowo @infojateng."

 

Sumber : Twitter/Antara

Tag : bencana alam
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top