Lithuania Siap Dukung Indonesia Soal IEU-CEPA dan Bebas Visa

Lithuania siap mendukung negosiasi IEU CEPA dan negosiasi bebas visa ke Uni Eropa.
Gloria Natalia Dolorosa | 17 Mei 2017 15:49 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Republik Lithuania Dalia Grybauskaite di teras belakang Istana Merdeka, , Jakarta, Rabu (17/5). - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA -- Lithuania siap mendukung negosiasi IEU CEPA dan negosiasi bebas visa ke Uni Eropa.

Presiden Lithuania Dalia Grybauskaitè menyatakan hal tersebut saat berkunjung ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Grybauskaitè dan Presiden Joko Widodo membicarakan beberapa hal dalam pertemuan bilateral. Salah satu hal yang dibicarakan yakni soal negosiasi Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). 

"Lithuania dan Eropa siap mendukung CEPA dan juga dalam negosiasi bebas visa ke Uni Eropa karena kerjasama ini akan mendatangkan pemasukan 2,5 miliar Euro. Ini akan meningkatkan kesejahteraan dan keamanan," kata Grybauskaitè, Rabu (17/5/2017).

Selain itu, pertemuan bilateral Indonesia-Lithuania menghasilkan kerja sama di bidang energi terbarukan, konservasi energi, dan pengembangan bisnis di sektor energi.

Lithuania memiliki kapabilitas dalam bidang energi surya, biomass, dan biofuel.

Selain itu, kedua negara bekerjasama dalam bidang transportasi, bidang perdagangan dan investasi, dan pertanian.

Indonesia akan mendorong peningkatan investasi Lithuania di bidang transportasi, khususnya di bidang perawatan pesawat terbang, pengelolaan hanggar pesawat, dan pelatihan pilot.

"Kita kerjasama energi inovatif, kemudian di bidang LNG, dan penggunaan biomass, solar surya, dan ada penandatanganan di bidang perhubungan," ujar Grybauskait.

Pada 2016, nilai perdagangan antara Indonesia dan Lithuania sebesar US$38,6 juta. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), nilai investasi Lithuania di Indonesia sepanjang 2016 mencapai US$900.000 dari satu proyek.

Selama 24 tahun menjalin hubungan diplomatik, baru tahun ini Indonesia dan Lithuania menjalin kerjasama bilateral.

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top