ARUS BALIK LONG WEEKEND: 98.000 Kendaraan Diprediksi Lintasi Gerbang Tol Cikarang

Hari ini, Minggu (16/4/2017) diprediksi menjadi puncak arus balik setelah long weekend atau libur panjang dalam rangka Peringatan Wafatnya Isa Al Masih.
Yanita Petriella | 16 April 2017 13:35 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di ruas pintu Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/7/2015). Pada H-2 Lebaran arus mudik di jalur tol Jakarta-Cikampek melalui pintu tol Cikarang Utama terpantau padat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Minggu (16/4/2017) diprediksi menjadi puncak arus balik setelah long weekend atau libur panjang dalam rangka Peringatan Wafatnya Isa Al Masih.

Sehari sebelumnya, sabtu (15/4) jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama mencapai angka 73.000.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 4% dibanding LHR normal yaitu 70.000 kendaraan.

AVP Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru ‎menuturkan volume lalu lintas kemarin cenderung normal.

Hal ini sejalan dengan prediksi bahwa puncak arus balik dalam rangka Hari Raya Wafat Isa Al Masih diperkirakan akan jatuh pada hari ini, Minggu (16/4/2017).

Jasa Marga memprediksi total lalu lintas masuk Jakarta pada hari ini di GT Cikarang Utama mencapai 98.000 kendaraan atau naik 11 % dari lalu lintas normal 88.000 kendaraan.

Jasa Marga mengantisipasi kepadatan di GT Cikarang Utama yakni dengan optimalisasi gardu Exit 17 Gardu Reguler dan 4 GTO dengan total 21 Gardu.

"Reversible 4 Gardu yang dioperasikan ketika mengalami kepadatan (mengurangi jumlah gardu entrance," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (16/4/2017).

Dalam kondisi darurat untuk meningkatan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dilakukan optimalisasi kapasitas GTO, yaitu dengan mekanisme transaksi nontunai pada GTO menjadi transaksi tunai atau tapping e-Toll yang dilakukan petugas Pengumpul Tol.

"Mengalihkan lalu lintas arah Jakarta untuk keluar GT Cikarang Barat 2 dan masuk kembali melalui GT Cikarang Barat 4," ucap Heru.

Jasa Marga menghimbau kepada pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu-lintas.

Tag : cikarang, long weekend
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top