Kamis, 24 Juli 2014 RSS Feed Bisnis TV Photos ePaper Indonesia Business Daily

Penetapan 1 Syawal 1434 H: MUI Tetapkan Jatuh pada Kamis 8 Agustus

Rahmayulis Saleh   -   Senin, 05 Agustus 2013, 16:26 WIB

BERITA TERKAIT

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan bahwa Hari Raya Idulfitri 1434 H jatuh pada Kamis 8 Agustus 2013.

Ma'ruf Amin, Ketua MUI, meyakini posisi hilal pada Rabu (7/8/2013) malam, sudah di atas dua derajat.

"Jadi, Hari Raya Idulfitri 1434 Hijriyah, Insya Allah jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013. Itu berarti bersamaan Lebarannya antara pemerintah dan Muhammadiyah," katanya hari  ini , Senin 5/8/2013).

Namun, kata Ma'ruf, penentuan 1 Syawal ini tetap diputuskan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama, berdasarkan hasil dari sidang isbat yang akan diadakan pada Rabu, (7/8/2013).

Ma'ruf menuturkan sidang isbat tersebut dilakukan oleh Kementerian Agama, bersama seluruh organisasi masyarakat (Ormas) Islam. "Jadi kalau ada Ormas Islam yang tidak hadir, sangat disayangkan," ujarnya.

Seperti diberitakan bahwa pimpinan Ormas Islam Muhammadiyah menyatakan sikap tidak akan hadiri sidang isbat yang akan diselenggarakan pemerintah pada 7 Agustus nanti.

"MUI sangat menyayangkan sikap PP Muhammadiyah yang tidak akan hadir dalam sidang isbat untuk penentuan 1 Syawal 1434 H tersebut. Dalam menjaga persatuan umat Islam, dan menyelesaikan suatu masalah, hendaknya semua Ormas Islam hadir dalam sidang isbat tersebut," ungkap Ma'ruf.

Dia menuturkan sesuai dengan Fatwa MUI tahun 2004 tentang Penentuan 1 Syawal, harus dilakukan sidang isbat yang dipimpin oleh pemerintah melalui Kementerian Agama, dan diikuti oleh berbagai Ormas Islam.

"Jadi, kalau ada Ormas Islam yang tidak ikut sidang isbat, berarti kurang solidaritas," ujar Ma'ruf.

Ketika ditanyakan mengapa sidang isbat harus tetap dilaksanakan, padahal sudah pasti Idulfitri 1434 H jatuh pada 8 Agustus 2013, Ma'ruf mengatakan memang ketentuannya begitu.

"Jadi, penentuan 1 Syawal harus diputuskan melalui sidang isbat. Walau jauh-jauh hari sudah diketahui tentang tanggal tersebut. Itu sesuai dengan Fatwa MUI," ungkapnya.

Belakangan, Lajnah Falakiyah PBNU memprediksi 1 Syawal 1434 H akan jatuh pada Kamis, bertepatan dengan 8 Agustus 2013. Namun, posisi hilal pada saat dilakukan pengamatan (rukyatul hilal) pada Rabu petang tanggal 29 Ramadhan besok masih cukup rendah.

 


Editor : Sutarno

Siapa peraih GRAND PRIZE 1 UNIT MOTOR Tebak Skor & Juara Brasil 2014? Klik DI SINI!.
 

THR dari Bisnis Indonesia: Berlangganan ePaper seumur hidup hanya Rp10 juta. Terbatas hingga 31 Juli, klik DI SINI!.

Comments :

DISCLAIMER:

Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BISNIS.com. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.